Kumpulan Resep Masakan Nusantara

Sabtu, 27 Agustus 2022

Resep Ayam Kampung Bumbu Rujak

Resep Ayam Kampung Bumbu Rujak

 Resep Ayam Kampung Bumbu Rujak

Ayam Kampung Bumbu Rujak


Bahan - Bahan : 
  • 1 ekor ayam kampung
  • 2 bungkus santan
  • 1 liter air
  • 1 buah tomat
  • 2 batang serai
  • 4 lembar daun salam
  • 6 lembar daun jeruk
  • 1 siung laos
  • Garam,gula secukupnya.
Bahan Bumbu Ulek :
  • 8 siung bawang putih
  • 10 siung bawang merah
  • 2 buah cabe merah besar
  • 2 buah cabe merah keriting
  • Cabe rawit sesuai selera
  • 4 biji kemiri
  • 1 jahe kecil
  • 1/4 kunyit
Cara Pembuatan : 

Tumis bumbu ulek sampai tanek, masukkan aneka rempah daun aduk-aduk masukkan air kemudian didihkan. Setelah air mendidih masukkan ayam kampung lalu aduk-aduk, masukkan irisan tomat, cabe kecil utuh, kaldu ayam bubuk, sedikit gula pasir, koreksi rasa. Setelah kuah mendidih masukkan santan kental aduk-aduk agar santan tidak pecah dan kuah udah mengental kemudian angkat.

Cukup mudah kan, silahkan dicoba di rumah. Semoga berhasil dan menghasilkan rasa yang memuaskan untuk keluarga teman-teman ya.

Jumat, 26 Agustus 2022

Resep Es Puding Buah dari Bunda

Resep Es Puding Buah dari Bunda

 Resep Es Puding Buah dari Bunda

Es Puding Buah


   Es Puding Buah untuk minuman segar bersama dengan keluarga anda di rumah, es ini dibikin random ya teman-teman, siapa tau kalian suka dengan rasanya. Untuk resepnya sebagai berikut.

Bahan Puding : 
  • 1 sc agar-agar putih (7g)
  • 1/2 sc nutrijell kelapa muda (7,5g)
  • 200-250 gula pasir
  • 1300 ml susu cair full cream
Bahan Es & Buah :

1/4 bh semangka uk sedang
1/4 bh blewah uk sedang
2 bh alpukat uk besar
2 kaleng buah leci kalengan
1 kaleng susu kental manis
Air secukupnya
Es batu secukupnya.

Cara Pembuatan :

  • Pudding susu : dalam panci campur semua bahan pudding jadi satu aduk rata, didihkan sambil diaduk (jika tidak suka terlalu manis beri gula 200 gr, jika suka manis beri gula 250 gr)
  • Angkat dan hilangkan uapnya sebentar lalu tuang ke loyang,dinginkan pada suhu ruang kemudian masukkan kulkas, potong-potong/serut sesuai selera.
  • Dalam wadah, masukkan potongan pudding beserta bahan es lainnya, aduk rata koreksi rasa, tuang kegelas/mankok, sajikan. Bisa ditambah sirup sesuai selera, bunda tidak pake karena anak-anak lebih suka pake susu saja.
Mudah kan cara bikinnya, selamat mencoba dan semoga anak-anak maupun  keluarga suka dengan Es Puding Buah kalian ya teman-teman.
Resep Udang Goreng Tepung Kekinian

Resep Udang Goreng Tepung Kekinian

 Resep Udang Goreng Tepung Kekinian


Udang Goreng


Bahan - Bahan :
400 gr Udang
150 gr Tepung bumbu (sy pakai Kobe crispy)
2 sdm Tepung Maizena
2 butir Putih telur
1 buah Jeruk nipis
Lada secukupnya
Garam secukupnya

Cara Pembuatan : 
1. Bersihkan udang, belah punggungnya dan buang kotorannya sisakan ekor. Beri perasan air
jeruk nipis, lada dan garam. Diamkan sekitar 30
menit
2. Campur tepung bumbu dan tepung maizena, gulingkan udang kedalam tepung lalu celup ke dalam kocokan putih telur lalu gulingkan kembali dalam tepung dengan sedikit diremas2, lakukan sampai udang habis
3. Goreng dalam minyak panas dengan api sedang sampai kuning keemasan/matang.

Demikian cara untuk membuat udang goreng tepungnya ya, semoga bermanfaat buat temen - temen semua.
Resep Sego Gurih Jawa atau Nasi Gurih

Resep Sego Gurih Jawa atau Nasi Gurih

 Resep Sego Gurih atau Nasi Gurih

Sego Gurih


   Sego Gurih atau Nasi Gurih, biasa juga disebut Nasi Uduk merupakan nasi yang dimasak dengan menggunakan santan dan tambahan bumbu rempah lainnya. Nasi Gurih berasal dari Aceh, tetapi juga banyak kita jumpai di daerah lain dengan bahasa yang berbeda. Seperti kata pepatah, berbeda - beda tetapi tetap satu, yakni rasanya sama. Nah, bagi teman-teman yang mau mencoba membuatnya di rumah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan resep beserta cara membuatnya.

Bahan - Bahan :
  • Beras 700 gram\
  • Santan 700 ml
  • 5 lembar daun jeruk
  • 1 sdm garam
Cara Pembuatan : 
  • Siapkan panci pengukus isi air (dikira-kira saja jangan sampai terlalu banyak/sedikit), panaskan air untuk mengukus hingga mendidih.
  • Masukan beras, masak kurang lebih 10-15 menit.
  • Masak air di panci terpisah dengan api sedang untuk mengaru berasnya.
  • Setelah beras yang dikukus sudah mengeras, masukkan 400 ml air panas yang kita masak dan tutup panci kurang lebih 10 menit
  • Siapkan santan dalam panci, campur dengan garam dan daun jeruk. Masak sambil di aduk sampai mendidih (5-10 menit)
  • Angkat nasi dari kukusan
  • Campurkan santan dengan nasi sambil di aduk.
  • Kukus lagi nasi yang sudah dicampur dengan bumbu kurang lebih 30 menit sampai tanek.
Itulah resep dan cara pembuatan yang biasa dipakai untuk membuat sego gurih secara tradisional, semoga teman-teman berhasil mencobanya sendiri di rumah. Jika ada pertanyaan, silahkan berkomentar pasti akan saya jawab dan pandu untuk membuatnya. 
Resep Lodho Ayam Kampung Maknyus 2022

Resep Lodho Ayam Kampung Maknyus 2022

 Resep Lodho Ayam Kampung Maknyus

Ayam Lodho

   Lodho Ayam Kampung, makanan khas yang sangat terkenal di Indonesia khususnya di pulau jawa. Lodho adalah salah satu makanan dari daging ayam yang berasal dari daerah Tulungagung dan Trenggalek Jawa Timur. Biasanya makanan ini disajikan untuk lauk sehari-hari dan untuk disajikan pada saat acara atau hajatan, seperti selamatan bahkan hari Raya Idul Fitri. Bagi teman-teman yang penasaran ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah, kali ini saya akan membagikan resepnya.

Bahan -Bahan :
  • 1 ekor ayam kampung
  • 1 buah jeruk nipis
  • 20 siung bawang merah
  • 8 siung bawang putih
  • 5 buah cabe keriting
  • 1 ruas kunyit
  • 1 ruas jahe
  • 5 butir kemiri
  • 1 sdm ketumbar
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 2 batang serai
  • 10 daun jeruk
  • 2 ruas lengkuas
  • 2 buah tomat
  • 2 sc santan kemasan
  • 1 Lt air
  • Gula dan Garam secukupnya.

Proses Pembuatan
  • Panggang ayam yang sudah dibersihkan, tidak usah sampai gosong, cukup di asap sampai kelihatan coklat
  • Tumis bumbu yang sudah disiapkan.
  • Haluskan bumbu yang sudah ditumis bersama ketumbar dan ladha menggunakan blender.
  • Gunakan bekas minyak tumisan bumbu dengan memasukan lengkuas dan daun serai kemudian masukan santan. Masak hingga mendidih dan masukan bumbu halusnya.
  • Setelah semua sudah matang, silahkan masukkan ayam ke dalam kuah santan yang sudah matang.
  • Masak dengan api sedang dan tambahkan gula dan garam secukupnya.
  • Diamkan kurang lebih 10-15 menit dan Lodho siap disajikan.
Menurut saya, proses pembuatannya sangat mudah dan bisa dipraktekkan oleh teman-teman semua di rumah untuk disajikan bersama dengan keluarga, sanak, saudara. Tidak lupa, terima kasih banyak sudah berkunjung ke blog ini dan jangan lupa untuk membagikan setiap artikel atau resep makanan yang anda baca kepada teman-teman yang lainnya ya, agar saya lebih semangat dalam membagikan resep-resep makanan maupun minumannya.

Rabu, 24 Agustus 2022

Resep Bubur Sumsum Lembut dan Gurih

Resep Bubur Sumsum Lembut dan Gurih

Resep Bubur Sumsum Lembut dan Gurih

Bubur sumsum

 

   Bubur Sumsum merupakan makanan khas Indonesia yang bahan utamanya terbuat dari tepung beras. Bubur sumsum juga sangat berkhasiat untuk tubuh karena mengandung karbohidrat dan protein yang tinggi. Konon, makanan yang satu ini sangat cocok juga untuk ibu hamil dan bisa untuk mencegah penyakit anemia. Dan yang pasti bubur sumsum sangat baik di konsumsi untuk semua kalangan ya sobat. Bagi anda yang ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah, kali ini saya akan membagikan resepnya, silahkan di simak.

Bahan - Bahan (Bubur) :
  • 2 lt air
  • 200 gr tepung beras
  • 1 sdt garam
  • 1 sc susu bubuk
Bahan - Bahan (Kuah Manis) :
  • 150 ml air
  • 200 gr gula merah
  • 2 lembar daun pandan
Cara Pembuatan :
  • Pertama, bikin kuah manis dari gula terlebih dahulu.
  • Panaskan air dan masukan gula merah dan daun pandan, masak hingga gula merah mencair
  • Saring gula / kuahnya dan masukan ke dalam wadah terpisah.
  • Siapkan panci dan masukkan tepung beras, garam, susu bubuk dan aduk sampai tercampur rata.
  • Setelah itu masukan air, aduk sampai tercampur.
  • Nyalakan api dan masak sambil terus di aduk sampai mengental.
  • Setelah bubur mulai mengental atau matang, matikan apinya.
  • Selesai, bubur siap disajikan.
Demikian resep dan cara membuat bubur sumsum lembut dan gurih, semoga teman-teman bisa mempraktekannya sendiri di rumah dengan hasil yang memuaskan ya. Kalau ada pertanyaan maupun saran jangan lupa untuk meninggalkan komentar ya.

Selasa, 23 Agustus 2022

Resep Bubur Kacang Hijau Original Turun Temurun

Resep Bubur Kacang Hijau Original Turun Temurun

 Resep Bubur Kacang Hijau Original

Bubur Kacang Hijau


   Bubur kacang hijau atau burjo dalam bahasa gaulnya merupakan bubur yang sangat populer dan paling banyak di germari di Indonesia. Selain rasanya yang enak, bubur kacang hijau juga sangat bermanfaat bagi kesehatan dan mengandung banyak sekali nutrisi. Oleh karena itu, buat anda yang hobi masak atau bikin makanan sendiri di rumah sebaiknya dan wajib bisa membuatnya sendiri. Dan pada kesempatan kali ini saya akan membagikan resep membuat bubur kacang hijau untuk kalian praktekan sendiri di rumah ya, buat yang udah bisa bisa cek menu-menu lainnya.


Bahan - Bahan :

  • 250 ml air
  • 200 ml santan
  • 250 gr kacang hijau
  • 250 gr gula merah
  • 100 gr gula pasir
  • 1 sdm tepung maizena
  • Jahe secukupnya
  • Daun pandan
Cara Pengolahan :
  • Rebus air, setelah mendidih masukan gula merahnya terlebih dahulu sampai larut.
  • Masukan kacang hijau dan masak dengan api sedang.
  • Masukan daun pandan dan jahe
  • Masak kacang hijau sampai matang / mekar jangan sampai hancur.
  • Setelah kacang hijau masak, masukan gula pasir, aduk sampai tercampur.
  • Masukan santan dan aduk sampai mendidih lagi.
  • Terakhir, masukan tepung maizena. (opsional)
  • Selesai
Cukup mudah dan simple untuk membuatnya di rumah ya teman-teman, bahan-bahannya pun juga murah tapi bisa menghasilkan bubur yang sangat enak untuk dikonsumsi sendiri. Oke, terima kasih sudah berkunjung ke sini, jangan lupa share ke teman-teman kalian juga ya.

Sabtu, 20 Agustus 2022

Resep Membuat Sambal Ijo Khas Padang

Resep Membuat Sambal Ijo Khas Padang

 Resep Membuat Sambal Ijo Khas Padang

Sambal Ijo


   Hallo sobat, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah resep sambal yang sangat di gemari oleh kalangan para pecinta nasi padang, yakni Sambal Ijo. Untuk proses dan bahan-bahan silahkan di simak sebagai berikut.

Bahan - Bahan : 
  • Cabai Hijau besar 4 buah
  • Cabai keriting hijau 15 buah
  • 1 Buah tomat hijau
  • 5 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 3/4 SDT garam
  • 3/4 SDT kaldu ayam bubuk
  • 3/4 SDT gula pasir
Cara Pengolahan : 
  • Didihkan air
  • Masukan cabai hijau besar, cabai hijau keriting, tomat hijau, bawang merah, dan bawang putih ke dalam air yang sudah mendidih dan rebus hingga matang
  • Setelah semua bahan di atas sudah matang, angkat dan tiriskan
  • Haluskan semua bumbu yang sudah direbus menggunakan ulekan atau blender.
  • Panaskan minyak goreng, masukan bahan yang sudah dihaluskan. Masak dengan api kecil saja, lalu masukan garam, kaldu ayam bubuk, dan gula. Aduk-aduk sampai matang.
  • Selesai.
Itulah bahan dan proses pembuatan sambal hijaunya, sangat mudah dan bisa dipraktekan di rumah kalian ya teman-teman. Selamat mencoba dan jangan lupa balik lagi ke sini ya untuk belajar resep-resep masakan lainnya.
Resep Membuat Es Oyen Kekinian Super Mantap

Resep Membuat Es Oyen Kekinian Super Mantap

Resep Membuat Es Oyen Super Mantap

Es Oyen

 
   Hallo sobat, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan Resep membuat Es Oyen Kekinian Super Mantap dan yang pasti sangat disukai keluarga, teman, atau pacar kalian hehe. Oh iya, sebelum itu siapa sih yang gak tau minuman Es Khas Bandung yang satu ini, selain rasa nya yahut dan seger cara bikinnya juga sangat sederhana kok. Dan bisa dijadikan ide usaha yang menjanjikan loh. Oke, mari langsung saja ke step-step pembuatannya.

Bahan - Bahan :
  • Air gula
  • Susu kental manis
  • Kelapa muda
  • Alpukat
  • Agar-agar
  • Mutiara
  • Nangka
  • Air santan
  • Es Batu
Semua bahan sesuai selera/kebutuhan.
Cara Pembuatan :
  • Siapkan mangkuk
  • Masukan Kelapa muda, buah alpukat, buah nangka, sagu mutiara, dan agar-agar ke dalam mangkuk
  • Lalu masukan air gula, santan, dan susu kental manisnya
  • Yang terakhir masukan es batu.
Cukup mudah bukan? silahkan teman-teman coba sendiri di rumah dan semoga sukses selalu.

Selasa, 16 Agustus 2022

Resep Bikin Es Kopi Janji Jiwa Cocok untuk Jualan

Resep Bikin Es Kopi Janji Jiwa Cocok untuk Jualan

 Resep Bikin Es Kopi Janji Jiwa

Es Kopi Janji Jiwa

   Hallo teman-teman, kali ini saya akan membagikan resep sebuah minuman yang sangat digemari para kaum milenial jaman sekarang, yakni Es Kopi Janji Jiwa. Pasti kalian semua sudah pada tau kan, dan biasa membelinya di kedai-kedai terdekat. Tapi dari pada terus-terusan beli, mending bikin sendiri kan pastinya lebih hemat dan lebih puas. Baiklah, tidak usah panjang lebar, silahkan disimak step by stepnya sebagai berikut.

Bahan - Bahan untuk Kopi :
  • 3 SDM/sachet Kopi Bubuk (Nescaffe)
  • Setengah gelas air
Bahan - Bahan Gula :
  • 8 SDM Gula aren
  • 9 SDM air
Bahan - Bahan Es Kopi + Susu :
  • 3 SDM gula aren cair
  • Es batu secukupnya
  • 10 SDM susu full cream
  • 3 SDM Kopi cair
Cara Pengolahan :
  • Panaskan air secukupnya untuk meyeduh kopi, bikin kopinya sesuai takaran.
  • Cairkan gula aren yang sudah disiapkan
  • Siapkan gelas untuk membuat Es Kopinya
  • Tuangkan kopi cair dan gula aren terlebih dahulu, lalu masukan es batu dan disusul dengan susu full creamnya.

Oke, simple bukan? silahkan temen-temen coba sendiri di rumah. Minuman ini juga sangat cocok untuk anda yang hobi / ingin membuka sebuah usaha kecil-kecilan loh, cara bikin simple dan bahan yang sangat terjangkau bisa jadi usaha yang sangat menguntungkan buat teman-teman. 
Dan semoga postingan kali ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian juga ya.

Resep Gulai Ayam Gurih dan Nikmat

Resep Gulai Ayam Gurih dan Nikmat

 Resep Gulai Ayam Gurih dan Nikmat

Gulai Ayam


   Selamat datang kembali sobat calon koki rumah tangga, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan resep memasak gulai ayam yang sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja yang ingin memasaknya sendiri di rumah. Ngomong-ngomong masalah gulai, gulai biasanya kan dari daging sapi nih, tapi kali ini beda loh karena kita pakai ayam untuk dagingnya. Oke langsung saja kita simak step-step untuk mengolahnya.

Bahan - Bahan : 
  • 1/2 ekor ayam
  • 1 buah jeruk nipis
  • 1 batang serai
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 200 ml santan encer
  • 200 ml santan kental
  • Air secukupnya
  • Garam dan kaldu bubuk
Bumbu Blender :
  • 3 siung bawang putih
  • 6 siung bawang merah
  • 3 butir kemiri
  • 4 lengkuas
  • 3 kunyit
  • 3 jahe
  • 1 sdm ketumbar
  • 1 sdt lada bubuk
  • 5 buah cabai rawit
  • 10 cabai merah keriting

Cara Pengolahan :
  • Lumuri ayam dengan jeruk nipis, diamkan kurang lebih 10 menit
  • Tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga wangi, masukan daun salam, daun jeruk, serai, aduk sampai matang
  • Masukan ayam, aduk sampai rata dan masak hingga berubah warna lalu masukan garam dan kaldu bubuk
  • Masukan santan encer dan air, masak dengan api sedang sampai ayam empuk
  • Setelah kuah mulai menyusut, masukan santan kental dan aduk terus sampai santan mendidih dan bumbu meresap.
  • Selesai.
Gimana, mudah bukan cara membuat gulai ayam sendiri untuk di rumah atau keluarga? Oke sekian dulu, semoga resep kali ini bermanfaat untuk teman-teman di rumah. Selamat mencoba.

Resep Rendang Ayam Sederhana 2022

Resep Rendang Ayam Sederhana 2022

 Resep Rendang Ayam Sederhana

Rendang Ayam

   Hallo sobat, kali ini saya akan membagikan resep Rendang, tapi bukan daging sapi melainkan rendang daging ayam ya. Kalian semua pasti suka kan makan rendang, dan yang berkunjung ke sini atau mencari resep bikin rendang pasti udah bosan setiap ingin makan harus beli hehe. Oke deh langsung di simak aja step-stepnya untuk memasak rendangnya sendiri.

Bahan - Bahan :
  • 1 ekor ayam
  • 2 buah kentang
  • 2 butir telur rebus
  • 4 lembar daun jeruk
  • 1 lembar daun kunyit
  • 1 bungkus kelapa parut kering
  • 200 ml santan dan air
  • Garam perasan dan gula malaka
Bahan Blender :
  • 8 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • Kunyit, jahe, lengkuas secukupnya
  • 2 batang serai
  • 3 buah cabai rawit
  • 3 buah cabai merah

Cara Mengolah :
  • Goreng kentang dan sisihkan
  • Tumis bahan yang sudah diblender sampai kering
  • Masukan ayam dan tumis dengan santan dan air, aduk sampai rata.
  • Masukan daun jeruk, kunyit, dan daun salam
  • Kemudian masukkan kentang dan telur rebus, tambahkan garam, gula, dan perasa
  • Masak dengan api sedang sampai kering, jika mau berkuah jangan dimasak sampai kering, cukup sematangnya saja.

Oke, demikian resep Rendang Ayam kali ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jumat, 12 Agustus 2022

Resep Bakso Daging Sapi Kenyal dan Enak

Resep Bakso Daging Sapi Kenyal dan Enak

 Resep Bakso Daging Sapi Kenyal dan Enak

Resep Bakso


   Halo sobat semua, kali ini saya akan berbagi Resep Bakso Daging Sapi untuk kalian semua yang ingin mencoba membuat bakso sendiri di rumah. Tentunya dengan membuat bakso sendiri di rumah kita bisa lebih puas, karena bisa membuat dan memakannya sesuka hati hehe. Oke, tak perlu panjang lebar mari kita simak prosesnya.


Bahan - Bahan :

  • 500 gram daging sapi giling
  • 1 sdm bawang merah goreng
  • 2 sdt bawang putih goreng
  • 1/2 sdt baking powder
  • 2 sdt garam
  • 1 gula pasir
  • 1 sdt merica
  • 100 gram tepung tapioka
  • 1 butir putih telor
  • 75 gram es batu
  • 1 sdt kaldu bubuk sapi
Proses Pembuatan :
  • Pertama rebus air kurang lebih 2 liter.
  • Masukan setengah dari daging sapi, masukan bawang putih/merah dan giling sampai halus / merata.
  • Masukan setengah dari es batu, dan masukan sisa daging, garam, backing powder, merica bubuk, gula pasir, tepung tapioka, dan kaldu bubuk sapi ke dalam gilingan. Giling sampai tercampur rata.
  • Setelah itu masukan putih telur ke dalam adonan yang sudah digiling, dan giling lagi.
  • Pindahkan adonan ke dalam wadah.
  • Siapkan sendok untuk mencetak baksonya.
  • Cetak bakso menggunakan tangan dan sendok dan letakan di air rebusan di api yang sangat kecil jangan sampai mendidih.
  • Setelah bakso sudah terapung angkat dan pindahkan ke wadah yang baru.

Oke, sudah selesai. Caranya sangat mudah dan simple bukan? tentunya bahan yang kita buat tanpa pengawet dan hasil yang sangat enak sobat.
Semoga resep bakso kali ini bisa bermanfaat untuk teman-teman semua dan jangan lupa untuk kembali lagi berkunjung ke sini.

Resep Mudah Memasak Mie Ayam 2022

Resep Mudah Memasak Mie Ayam 2022

 Resep Mudah Memasak Mie Ayam

Mie Ayam


   Hallo sobat, pada kesempatan kali ini kita akan membagikan resep / cara memasak Mie Ayam. Ya, siapa sih yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini, Mie Ayam termasuk makanan yang sangat digemari di Indonesia dan hampir semua orang suka.

   Berhubung saya juga salah satu dari penggemar mie ayam, maka saya juga coba-coba membuatnya di rumah agar jika pengen tidak perlu beli dan bisa masak sepuasnya. Oke buat teman-teman semua yang ingin mencoba memasaknya sendiri di rumah bisa dicoba resepnya sebagai berikut.


Bahan Utama :

1.) Mie Ayam - sesuai kebutuhan (teman-teman bisa memesannya di pasar).
2.) Sawi Hijau secukupnya.
3.) Kulit Pangsit
4.) Ayam / Kulit Ayam secukupnya.

Bahan Minyak Ayam : 

  • 150 gram kulit ayam
  • 150 ml minyak goreng
  • 8 siung bawang putih cincang
Proses pembuatan :
  • Masukan minyak goreng ke dalam wajan dan panaskan, jika sudah masukan kulit ayam dan kecilkan api ke yang sangat kecil, masak sampai kulit ayam setengah matang. Setelah kulit ayamnya setengah mateng masukan bawang putih cincangnya sampai bawang putih terlihat keemasan.
  • Pisahkan minyak dengan kulit ayamnya dan minayk ayam sudah jadi.
Bahan Kuah Ayam :

  • 500 gram dada ayam
  • Ceker ayam sesuai kebutuhan
  • Daun bawang secukupnya
  • Kecap manis
  • 2 SDM minyak wijen
  • 2 SDT kaldu ayam bubuk
  • 1 SDT garam
  • 1 SDT gula pasir
  • 1/2 SDT merica bubuk
  • 8 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri
  • kunyit
  • jahe
  • 1/2 SDT ketumbar
  • Daun salam
  • Serai
Proses Pembuatan :

  • Pertama, masak ceker sampai matang, setelah matang dan empuk matikan apinya dan sisihkan
  • Sekarang haluskan bumbu-bumbunya, masukan : bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit jahe, dan ketumbar, dan tambahkan sedikit air lalu blender sampai halus.
  • Setelah bumbu halus, siapkan minyak lalu tumis bumbunya, masukan daun salam dan serai
  • Setelah bumbu mulai mengering, masukan dada ayam dan aduk hingga merata, setelah merata masukan air secukupnya, lalu masukan ceker yang tadi sudah direbus. Lalu masukan daun bawang, merica bubuk, minyak wijen, dan garam. Aduk dan masak sampai airnya menyusut.
Proses Menyajikan Mie Ayamnya :

  • Rebus mie -/+ 7 menit
  • Rebus sawi
  • Siapkan mangkuk
  • Masukkan 2 SDM minyak ayam
  • Masukan mie yang sudah direbus, aduk sampai rata
  • Masukan daging ayam + kuah ayamnya.
  • Masukan sawi
  • Masukan kuah dari bekas rebusan mie.
Oke, selesai.
Selamat mencoba, dan semoga sukses ya teman-teman, Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan jangan lupa bagikan artikel resep ini kepada teman-teman yang lain agar kita bisa membuatnya sendiri di rumah.

Kamis, 11 Agustus 2022

Resep Bikin Nasi Tumpeng Istimewa

Resep Bikin Nasi Tumpeng Istimewa

 Resep Bikin Nasi Tumpeng Istimewa


Nasi Tumpeng


   Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan Resep atau Cara bikin nasi tumpeng yang sangat mudah dan istimewa untuk anda sobat. Siapa sih yang tak kenal dengan Nasi Tumpeng, makanan khas Nusantara yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Biasanya Nasi Tumpeng disajikan pada saat acara - acara khusus seperti hajatan, dsb.

Lalu bagaimana cara membuat dan apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat nasi tumpeng? Baik, mari kita simak Resep dan Langkah-langkah dalam pembuatan nasi tumpengnya.


Bahan 1 / Pembuatan Nasi 

  • Siapkan Beras sesuai kebutuhan
  • Kukus selama 15 menit
  • 3 batang Daun Serai
  • 3 lembar Daun Salam
  • 1 sendok Kunyit Bubuk
  • Garam Secukupnya
  • Santan dari 1 buah Kelapa parut
  • Proses Pembuatan Bumbu :
    Masak santan di panci, tuangkan semua bahan-bahan di atas, dan aduk hingga mendidih.
  • Proses Pencampuran Bumbu dan Nasi :
    - Angkat beras yang sudah dikukus selama 15 menit tadi, lalu campurkan dengan santan yang sudah dibumbui dan diamkan selama -/+ 15 menit.
    - Setelah didiamkan selama 15 menit, tuangkan beras dan bumbu yang sudah dicampur  ke dalam kukusan, dan kukus selama -/+ 1 jam. Selesai. 

Bahan 2 / Ayam

  • Siapkan 1/Setengah Ekor Ayam
  • 1/2 butir Kelapa Parut
  • 1 sachet Bumbu Racik Ayam Goreng
  • 3 lembar daun Salam
  • 2 lembar daun Jeruk
  • Proses Pengungkepan :
    Ungkep ayam dengan semua bumbu yang sudah disediakan, tunggu sampai airnya kering, dan tiriskan.
  • Proses Penggorengan :
    Panaskan minyak goreng dan goreng hingga warna kecoklatan, lalu masukan serundeng atau parutan kelapa ke dalam ayam yang sedang di goreng. Selesai.

Bahan 3 / Telur Balado

  • Siapkan telur sesuai kebutuhan
  • 4 siung Bawang Merah
  • 1 siung Bawang Putih
  • 2 butir Kemiri
  • Cabe merah secukupnya
  • 2 lembar Daun Salam
  • Proses Pembuatan :
    Panaskan minyak goreng secukupnya dan tumis bumbu hingga wangi, lalu masukan telur, tambahkan Garam, Gula, dan Penyedap Rasa secukupnya. Selesai.

Bahan 4 / Tempe Goreng

  • Siapkan tempe sesuai kebutuhan
  • Potong dadu atau persegi panjang, sesuai selera
  • Goreng tempe hingga kering
  • Siapkan bumbu tempe : 
    4 siung Bawang Merah
    1 siung Bawang Putih
    2 iris tomat
    Cabe secukupnya
    1 Lembar daun salam.
  • Campur tempe yang sudah digoreng tadi dengan bumbu yang sudah disiapkan, aduk hingga merata. Selesai.
Bahan 5 / Lalapan
  • Siapkan, Timun
  • Daun Slada
  • Kacang Panjang
  • Kemangi.
  • dan bisa ditambah sesuai selera.

Nah, demikian resep dan cara bikin nasi tumpeng kali ini, semoga kalian bisa bermanfaat dan semoga sukses dalam membuatnya ya.

Selamat mencoba :)